RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Andi Nurul Izzah berhasil keluar sebagai pemenang dalam ajang pemilihan Duta Budaya Indonesia Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2024.

Bidang Kebudayaan yang dilakukan oleh Ana Dara Kallolo Soppeng yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng menghasilkan Putra Putri Terbaik Soppeng, salah satunya Andi Nurul Izzah.

Kemudian, Andi Nurul Izzah berkesempatan untuk menjadi perwakilan delegasi Duta Budaya Sulawesi Selatan I dalam ajang pemilihan Duta Budaya Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 September 2024.

Putri Daerah Kabupaten Soppeng tersebut, dikenal sebagai pribadi yang memiliki jiwa sosial tinggi dan kecintaannya terhadap kebudayaan. Andi Nurul Izzah berpegang teguh dengan visinya, yaitu “Soppeng sebagai penghasil generasi emas penerus bangsa”.

“Di saat sekarang ini, minat generasi muda mengenai budaya sendiri semakin menurun. Diakibatkan dengan adanya modernisasi dan globalisasi, sehingga budaya-budaya luar masuk di negara kita,” ujar Andi Nurul Izzah.

Izzah mengharapkan, Kabupaten Soppeng yang memiliki masyarakat dengan suku Bugis terbanyak di Sulawesi Selatan, dapat hidup berdampingan dengan proses kemajuan teknologi oleh globalisasi dan mempunyai kemampuan untuk mempertahankan kebudayaan Bugis.

“Untuk menghidupkan budaya leluhur, kita sebagai generasi muda seharusnya menjadi pelopor dalam mencintai, melestarikan, mengenal, maupun memperkenalkan budaya kita, sebagai bentuk penjagaan harga diri kita sebagai masyarakat,” lanjutnya.