RAKYAT.NEWS, SULSEL – Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dan mendukung kebangkitan ekonomi di wilayah selatan Provinsi Sulawesi Selatan, digelar Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi dan Penandatanganan Pakta Integritas dan Kerjasama Antar Daerah, di Padupa Resort, Bira, Bulukumba, pada tanggal 4 hingga 5 September 2024.

Acara ini mengusung tema “Sinergi Memperkuat Ketahanan Pangan dan Kebangkitan Ekonomi di Wilayah Selatan Provinsi Sulawesi Selatan.”

Kegiatan ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan dari pemerintah daerah, antara lain Deputi BI, Pj Bupati Jeneponto, Wabup Selayar, Pj Bupati Bantaeng, Pj Bupati Sinjai, instansi terkait lainnya, dan pelaku ekonomi di wilayah selatan Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah Kepala Daerah menandatangani Pakta Integritas dan Perjanjian Kerjasama Antar Daerah, sebagai wujud komitmen bersama dalam mengatasi tantangan inflasi dan menjaga stabilitas ekonomi daerah.

Dalam pembahasan utama di rapat koordinasi ini topik pengendalian inflasi dan ketahanan pangan menjadi isu strategis yang dibahas secara mendalam.

Pj Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dr. H.M. Ichsan Mustari, dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi antar daerah dalam menjaga ketersediaan pangan dan harga yang stabil.

“Kerjasama antar daerah sangat diperlukan untuk menghadapi dinamika ekonomi global dan menjaga kesejahteraan masyarakat di wilayah selatan Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Dalam Rapat Koordinasi ini juga dilakukan pemaparan dari semua pimpinan masing masing Kabupaten, terkait tindakan yang telah dilajukan dalam menangani inflasi di kabupaten masing masing.

Pj Bupati Jeneponto Junaedi dalam pemaparannya menyampaikan beberapa kegiatan yang telah di lakukan dalam menangani inflasi di kabupaten Jeneponto salah satu diantaranya adalah Gerakan Pangan Murah yang menjadi kegiatan rutin yang di lakukan.

Pj Bupati Jeneponto juga menyampaikan beberapa komoditas andalan kabupaten Jeneponto di sektor pertanian yakni bawang merah yang menjadi Primadona.