RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sejumlah nama pejabat Eselon II Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah diajukan sebagai calon Penjabat Sementara (Pjs) untuk lima Kabupaten/Kota menjelang masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Eselon II Pemprov. Di samping ada pengalaman, ada yang baru juga,” kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Sulawesi Selatan, Idham Kadir, mengutip detikSulsel, Selasa (3/9/2024).

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh, mengaku telah mengirimkan nama tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Hari ini kita kirimkan ke Kementerian Dalam Negeri daerah-daerah yang kepala daerah definitifnya mau maju (Pilkada 2024),” ujar Zudan.

“Pejabat Pemprov. Ada 15 nama yang saya usulkan ke pusat,” imbuhnya.

Zudah mengapresiasi Kepala Daerah yang memilih untuk cuti selama masa kampenye Pilkada kali ini. “Itu bagus daripada 2 hari cuti 2 hari masuk, pasti akan ada suara-suara yang tidak enak,” tuturnya.

“Makanya saya apresiasi para kepala daerah yang langsung cuti dua bulan selama masa kampanye,” tambahnya.

Lima wilayah yang bakal diisi oleh Pjs, yakni Kota Makassar, Kabupaten Luwu Timur, Bulukumba, Maros, dan Toraja Utara. Menurutnya, Pjs akan mulai menjabat setelah penetapan calon Pilkada 2024 di KPU.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, mengajukan cuti selama dua bulan untuk menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024.

“Sudah (pengajuan cuti) tadi (kemarin) saya tanda tangan,” kata Danny, Senin (2/9/2024), mengutip fajar.co.id.

“Dalam 2 bulan kita cuti. Tanggal 22 September sampai 22 November,” ucapnya.