RAKYAT.NEWS, SULSEL – Acara Maklumat Rakyat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto Muhammad Sarif-Moch Noer Alim Qalby Alimuddin mendapat apresiasi dari seluruh pihak tidak terkecuali bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang digelar di Lapangan Passamaturukang Bontosunggu, Rabu (28/8/2024).

Pasalnya, dengan kegiatan Maklumat Rakyat Paslon Sarif-Qalby telah memberikan dampak yang signifikan dalam mendongkrak perekonomian masyarakat di kabupaten Jeneponto.

Salah satu pedagang bernama Sitti Hadijah menuturkan bahwa kegiatan Maklumat Rakyat Paslon Sarif-Qalby memberikan dampak signifikan dalam perekonomian para pelaku UMKM atau para pedagang sepanjang jalan di Kota Jeneponto khususnya di Lapangan Passamaturukang.

“Saya mewakili para pedagang di Jeneponto atas kegiatan Maklumat Rakyat Paslon Sarif-Qalby di Lapangan Passamaturukang. Alhamdulillah, omzet kami hari meningkat dua kali lipat dari pendapatan biasanya,” ucap Hadijah penuh haru.

Hal yang sama juga diungkapkan Daeng Kijang, salah satu penjual nasi Kuning di Pastur menyampaikan harapannya agar Paslon Sarif Qalby memperhatikan para pelaku UMKM agar dapat terus berkembang dan berkontribusi pada peningkatan perekonomian masyarakat Butta Turatea.

“Tentu saja, selain kebijakan dari pemerintah, momen-momen yang bersifat musiman, seperti tahun politik ini dapat menggenjot penjualan UMKM di Jeneponto,” kata Deng Kijang

Sementara itu Pakar Politik Prof. Dr. Suwaib Amiruddin, MSi menjelaskan, ada sejumlah pelaku UMKM yang akan mendapatkan peluang untuk meningkatkan penjualan diantaranya adalah UMKM yang bergerak di bidang perdagangan, percetakan, kerajinan tangan, termasuk sektor kuliner.

Menurut Dosen Universitas Tirtayasa ini bahwa kebutuhan untuk penyediaan Alat Peraga Kampanye (APK), berbagai kegiatan pertemuan konsolidasi, maupun mobilisasi pada tingkat akar rumput serta penyediaan suvenir dan bantuan sembako dari para calon Paslon akan meningkatkan penjualan UMKM.