RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Dua tokoh nasional akan berperan sebagai pembicara dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025-2045 pada 30 April mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Pelaksana tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Andi Bakti Haruni, di Kantor Gubernur Sulsel, pada hari Senin, 22 April 2024.

Dia menjelaskan bahwa dua tokoh nasional yang akan hadir adalah Akbar Faisal dan Andi Tenri Abeng dari Pemerintah Provinsi Sulsel.

Andi Bakti menjelaskan alasan Pemerintah Provinsi mengundang kedua tokoh tersebut. Pertama, Akbar Faisal merupakans alah satu anak daerah yang telah memberikan kontribusi gemilang sebagai anggota DPR RI.

Selain itu, Akbar Faisal juga telah berperan dalam pembangunan di Sulsel ketika menjadi konsultan bagi Pemerintah Provinsi Sulsel. Sekarang ini, dia juga dikenal sebagai penyiar informasi yang baik melalui podcast pribadinya.

“Dia mantan konsultan waktu saya masih Bappeda, pernah menjadi mitra Bappeda,” tutur Andi Bakti.

Sementara itu, Andi Tanri Abeng adalah seorang Putra daerah yang pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada masa kepresidenan Soeharto.

“Sering kita lihat dia punya podcast khusus. Salah seorang yang punya atensi yang cukup besar terhadap proses pembangunan yang ada di Sulsel,” sebutnya.

Andi Bakti menegaskan bahwa pengalaman keduanya tidak diragukan lagi sebagai pembicara dalam acara Musrenbang tersebut.

“Beliau juga sekarang menjadi Komisaris Komisaris PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau perseroda,” tuturnya.

Pelaksana tugas Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Bakti Haruni memberikan penjelasan dalam konferensi pers di Kantor Gubernur Sulsel pada Senin, 22 April 2024.