RAKYAT. NEWS, MAKASSAR – Pj Sekprov Sulsel, Andi Muhammad Arsjad mendorong para ASN Pemprov Sulsel menjadi pelopor dalam kegiatan sedekah dan penanaman pohon serentak pada 22 April 2024 mendatang dalam rangka memperingati Hari Bumi.

“Pj Gubernur Sulsel Bahtiar berharap, teman pegawai terutama ASN bisa menjadi pelopor kegiatan menanam, termasuk sedekah pohon,” ungkapnya, Selasa (16/4/2024).

Beliau menekankan pentingnya kesadaran untuk menanam pohon sejak dini karena peristiwa terkini terkait bencana alam juga dipengaruhi oleh perilaku manusia di masa lalu.

Penanaman pohon secara serentak di Sulsel pada Hari Bumi akan menjadi agenda penting bagi para ASN.

“Di peringatan hari bumi tanggal 22 april ini, di Wajo nanti seluruh ASN diwajibkan untuk menanam,” tegasnya.

Pemerintah Provinsi Sulsel juga telah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan Sulsel dan Kementerian Agama Sulsel agar para siswa dapat ikut serta dalam kegiatan ini.

“Anak-anak sekolah kita dilatih dibiasakan untuk menanam,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, Andi Hasbi Nur, mengungkapkan bahwa Pemprov Sulsel telah menyiapkan dua juta pohon untuk memperingati Hari Bumi secara internasional pada 22 April mendatang.

Menurutnya, perhatian terhadap Daerah Aliran Sungai dengan cara menanam pohon adalah langkah nyata dalam menjaga keberagaman flora dan fauna.

Pohon berperan penting dalam menjaga ketersediaan air dan kualitas tanah serta mencegah erosi tanah dan hilangnya unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman.

Demikian pula, kualitas air sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan jenis hewan air seperti ikan.

“Kekeruhan air sangat dipengaruhi oleh kualitas tutupan hutan atau pun lahan, zat hara tanah juga akan terbawa arus air hujan jika tidak ada pohon yang menahan,” tuturnya.