RAKYAT NEWS, IKN – Penjabat Bupati Bantaeng, Andi Abubakar menjadi salah satu Kepala Daerah yang memenuhi undangan dari Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk menghadiri Pertemuan dengan para Bupati/Pj. Bupati, Walikota/Pj. Walikota seluruh Indonesia, bertempat di Ibu Kota Nusantara, Selasa (13/8).

Sesuai agenda, lokasi yang menjadi titik kumpul di Stadion Batakan Kita Balikpapan dan berangkat bersama menggunakan bus yang telah disediakan menuju Istana Negara di IKN.

Ada 3 poin penting yang menjadi arahan dari Bapak Presiden RI, antara lain IKN yang memiliki gambaran kota masa depan dengan konsep forest city dan smart city.

“Saya ingin menyampaikan bahwa IKN adalah contoh kota masa depan yang dibangun dengan rencana dan konsep untuk masa depan. Konsepnya forest city, jadi kota hutan, bukan kota beton,” ujar Jokowi di Istana Garuda saat memberi pengarahan kepada kepala daerah di IKN.

Kemudian yang menjadi instruksi penting lainnya yakni terkait inflasi serta bagaimana urusan keamanan Pilkada 2024, di mana Presiden meminta kepala daerah untuk berkoordinasi dengan instansi terkait. Karena ini pertama kalinya Indonesia melaksanakan Pilkada serentak.

“Sekarang semuanya serentak. Tinggal ini semuanya dibicarakan,” kata Presiden.

Bahkan Presiden ingin para kepala daerah tidak ragu untuk meminta bantuan baik itu ke Kapolda maupun Kapolri, khususnya terkait keamanan dan ketertiban dalam kegiatan Pilkada nanti di bulan November.

Diketahui, pilkada serentak akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang. Mayoritas masyarakat di daerah akan memilih kepala daerahnya.