RAKYAT NEWS, BULUKUMBA – Pasca deklarasi tim relawan dan keluarga besar bupati Andi Muchtar Ali Yusuf pada Jumat 02 Agustus 2024 untuk mendukung Andi Irwan Nur (AIR) sebagai calon pasangan bagi petahana pada Pilkada 2024, dukungan tokoh-tokoh berpengaruh dari berbagai wilayah kabupaten Bulukumba mulai mengalir.

Dari kecamatan Bulukumpa dan Rilau Ale yang merupakan basis geopolitik Andi Utta, nama tokoh sekaliber A. Muttamar Mattotorang mantan ketua DPRD Bulukumba sangat berharap keduanya bisa berpasangan. Beberapa tokoh dan pengusaha hasil bumi di kedua kecamatan tersebut juga mengungkapkan optimisme yang sama. Menurut mereka keduanya memilik kepribadian dan kapasitas yang bisa saling mengisi.

Di basis geopolitik AiR sendiri di 4 kecamatan wilayah timur Bulukumba, deklarasi tersebut mengentalkan semangat gerakan Konjo bersatu yang dimotori salah satunya oleh pengusaha sukses Ali Hamzah. Tokoh ini dikenal memiliki kedekatan dengan akar rumput di wilayah timur. Ali Hamzah mengungkapkan sangat gembira bila keduanya berpasangan karena saat ini AIR dianggap sebagai tokoh yang paling representatif mewakili wilayah timur, selain memiliki pengalaman yang sangat dibutuhkan untuk membantu Andi Utta pada periode selanjutnya. Menurutnya gerakan konjo bersatu tidak hanya terbatas di 4 kecamatan saja tetapi juga meliputi sekitar minimal 35% kekerabatan keluarga konjo yang bermukim di ibukota dan Gantarang Kindang.

Tokoh ini menyatakan siap memimpin perjuangan bersama semua komponen masyarakat di timur bagi pemenangan pasangan ini. Konsolidasi tim kami sudah lakukan dan sedang menyiapkan berbagai hal termasuk seragam bagi tim gerakan konjo bersatu. Tokoh ini memang dikenal memiliki jaringan pergerakan yang luas dan selalu tampil total dalam berjuang.

Pernyataan sama disampaikan oleh A.Mappangara etta Mappa yang pernah menjadi kades bontontanga 2 periode yang menyambut baik deklarasi tersebut dan siap bersama keluarga besar untuk total berjuang. Selain itu, beberapa perwakilan masyarakat di 4 kecamatan seperti Abdul Rasyid sebagai tokoh pendidik, A.Abdul Muis, A. Arifuddin serta tokoh lainya yang karena statusnya tidak bersedia disebutkan namanya, juga merespon sangat positif deklarasi tersebut, agar AIR sebagai figur dari timur bisa mendampingi bupati petahana. Umumnya mereka menyatakan tinggal menunggu kepastian pasangan ini secara formal, dan siap menjadi pejuang utama bagi gerakan konjo bersatu.

 

Sementara itu Zainal Arifin, Jusmin Balaguna dan Kumar influencer lokal yang berpengaruh di wilayah timur sangat bergembira dengan deklarasi tersebut yang menurutnya memang sudah lama ditunggu. Kedua figur ini memiliki chemistry yang serasi bagi kinerja pemerintahan yang lebih tinggi, sehingga secara pribadi mereka sudah lama mengopinikannya ke publik. Menurut hasil pantauan Zainal selama sebulan terakhir, semangat akar rumput dari seluruh wilayah kabupaten apalagi dari timur memang sangat merindukan pasangan ini segera terwujud. Hal senada disampaikan tokoh milenial timur seperti pak Iccang, Rusdiyanto dan Muh. Yasin. Mereka bukan saja siap mendukung bahkan siap berjuang untuk kemenangan pasangan ini nantinya.

Figur AIR juga terpantau mendapat sambutan sangat kuat di daerah pesisir diantaranya dari H. Tola yang merupakan anak dari H. Amming yang pengusaha tuna di Herlang. Pengusaha ikan di Kajang, Para-Para, Samboang dan Bontobahari juga sudah menyatakan kesiapannya bergabung. Beberapa kerabat dekat AIR seperti Andi Riu di Samboang, Basri Hajar dan Zainal menyatakan komitmen penuh keluarga besarnya. Menurutnya salah satu kakek AIR adalah Andi Mappijalang seorang pejuang yang diabadikan namanya menjadi nama jalan di ibukota, sehingga keluarga kami selalu siap berkorban apapun untuk kebaikan Bulukumba. Selain itu beberapa pengusaha pembuat kapal pinisi diketahui juga telah menyatakan kesiapan bergabung dan memfasilitasi pemenangan pasangan ini nantinya.