RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulawesi Selatan, Hasbi Syamsu Ali, menegaskan bahwa Kabupaten Luwu Timur memiliki potensi untuk menjadi Provinsi Luwu Raya.

Menurutnya, hanya Kabupaten Luwu Timur yang dianggap memiliki kapasitas fiskal daerah memadai dan tidak rentan masalah. Hal itu, kata dia, menjadi modal penting dalam mewujudkan Daerah Otonom Baru (DOB) Luwu Raya.

“Saat ini hampir semua mata tertuju ke Lutim. Potensi sumber daya alam yang begitu besar menjadi daya tarik tersendiri. Karena itu, Lutim harusnya bisa lebih leluasa mendorong terbentuknya DOB Luwu Raya, menggandeng tiga kabupaten lainnya,” kata Hasbi di Makassar, Selasa (16/7/2024).

“Dengan semua potensi yang dimilikinya, Luwu Timur harus mengambil peran lebih sebagai lokomotif utama dalam perjuangan mewujudkan Provinsi Luwu Raya,” ucapnya.

Namun, perubahan Undang-undang yang mensyaratkan jumlah minimal 5 kabupaten/kota pembentuk, menjadi salah satu kendala.

“(Syarat minimal) ini memang jadi salah satu poin yang harus dituntaskan juga. Tapi bagaimanapun, perjuangan mewujudkan Provinsi Luwu Raya adalah visi besar kita di KKLR. Syarat utamanya harus terjaga persatuan kita sesama Wija to Luwu,” ungkap Hasbi.

Menjelang Pilkada Serentak 2024, Hasbi berharap kepada kepala daerah nantinya adalah yang mempunyai cita-cita sama.

“Ini perlu kita cermati bersama. Kita butuh figur kepala daerah yang nantinya memenangkan Pilkada adalah yang punya komitmen dan visi yang sama untuk mewujudkan Provinsi Luwu Raya,” pungkas Hasbi.