RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu, Wajo, Enrekang, Pinrang, dan Sidrap, menyalurkan bantuan secara door to door kepada warga terdampak banjir dan longsor, Rabu (8/5/2024).

Selain memakan korban jiwa, bencana alam tersebut juga membuat banyak orang kehilangan tempat tinggal dan merusak fasilitas publik.

Bantuan yang dibagikan berasal dari TP PKK Sulawesi Selatan, berupa kebutuhan pokok mulai dari anak hingga dewasa.

Bantuan yang diserahkan secara door to door untuk wilayah luwu, kata Ketua Pokja I TP PKK Luwu, Fauziah Zainuddin, disebar ke Desa Malela, Botta, Buntu Barana, Kecamatan Suli, serta Desa Lindajang di Kecamatan Suli Barat.

Untuk wilayah Wajo, di Desa Awota, Kecamatan Keera, dan beberapa kelurahan di Kecamatan Pitumpanua.

“Karena banyaknya masyarakat yang terkena dampak banjir ini, kami juga mendapatkan tambahan paket bantuan dari beberapa pihak yang menambahkan dan melengkapi paket bantuan dari TP PKK Provinsi Sulsel,” kata Ketua Pokja I TP PKK Wajo, Andi Irmahaerani.

Sofha Marwah Bahtiar selaku Penjabat Ketua TP PKK sekaligus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan, mengajak PKK dan Dekranasda Kabupaten/Kota untuk membuka donasi untuk turut membantu.

“Langkah ini sebagai bentuk empati dan solidaritas kita terhadap saudara-saudara kita yang terdampak. Karena itu saya mengimbau agar mengumpulkan donasi atau bantuan, baik berupa uang ataupun barang yang bisa disalurkan ke masyarakat yang terdampak,” kata Sofha.

Diharapkan, pengurus PKK dan Dekranasda di Provinsi dan Kabupaten/Kota membuat tim untuk mengumpulkan dan mendistribusikan bantuan ke daerah yang terdampak tersebut.