RAKYAT NEWS, BULUKUMBA – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 dengan tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”.

Acara yang dilangsungkan di Lapangan Tenis Lapas Bulukumba tersebut menjadi momentum bersejarah bagi seluruh komponen yang terlibat dalam pembinaan pemasyarakatan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Sub Bagian Tata Usaha Lapas Bulukumba Darwis Syam, memimpin dengan penuh kehormatan dan semangat.

Hadir pula seluruh jajaran Pejabat Struktural Eselon IV dan V, Fungsional Tertentu, Fungsional Umum, Jajaran Pengamanan Lapas Bulukumba, para anggota Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan, serta perwakilan dari warga binaan.

Mereka berkumpul bersama untuk memperingati 60 tahun sudah berjalannya sistem pemasyarakatan yang bersifat pembinaan yang telah menggantikan sistem kepenjaraan.

Acara diawali dengan masuknya bendera Pataka yang melambangkan semangat serta dedikasi dalam membangun sistem peradilan yang adil dan rehabilitatif.

Kemudian Upacara dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat Pemasyarakatan oleh Kepala Seksi Adm. Keamanan dan Ketertiban Nur Ansyar.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Darwis Syam selaku Inspektur Upacara yang membacakan Sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly menyampaikan rasa terima kasih yang dalam kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menjalankan misi pemasyarakatan selama ini.

Beliau juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama dan dedikasi yang solid dalam menciptakan lingkungan yang aman, manusiawi, dan rehabilitatif bagi seluruh warga binaan.

Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-60 ini tidak hanya menjadi momentum untuk merayakan pencapaian, tetapi juga sebagai titik awal untuk terus berinovasi dan berkarya dalam melayani masyarakat.

Semangat dan komitmen untuk membangun sistem peradilan yang lebih baik dan inklusif pun tetap menjadi fokus utama bagi Lapas Bulukumba dan seluruh jajaran pemasyarakatan di Indonesia.