RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sulawesi Selatan kini sudah memiliki Sekolah Lansia Ininnawa yang dibina oleh Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan dan diresmikan oleh Penjabat Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, di Gedung Kartini Makassar, Jumat (8/3/2024).

Sofha mengatakan, pembinaan masyarakat Lansia ini sangat berkaitan dengan tugas TP PKK pada Pokja I. Salah satu yang menjadi program prioritas adalah pemberdayaan lansia agar dapat menjaga kesehatan fisik dan mental, kebugaran, keterampilan, agar dapat melaksanakan kegiatan secara produktif dan menjadi teladan bagi keluarga dan lingkungannya.

“Dalam siklus hidup manusia secara berkesinambungan, diantaranya keluarga yang memiliki lansia agar lansianya tetap eksis dalam karya nyata untuk membawa perubahan-perubahan kearah yang lebih baik bagi kemajuan bangsa dan Negara,” kata Sofha.

Menurut Sofha, walaupun sudah mengetahui bahwa kualitas hidup lansia mengalami penurunan, baik dari sisi fisik maupun mental yang mengakibatkan produktifitasnya juga menurun. Namun, pada sisi lain lansia itu telah melalui perjalanan hidup yang panjang serta memiliki pengetahuan, pengalaman yang luas dan kearifan yang semua itu dapat dimanfaatkan untuk membuat karya nyata dalam pembangunan nasional.

“Harapan kami pada momentum ini dapat membuka nurani keluarga dan masyarakat Indonesia untuk lebih menguatkan dan memberi motivasi bagi lansia sebagai penasehat generasi saat ini,” tuturnya.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Sulsel dalam mendukung arah kebijakan pemerintah dalam kelanjut usiaan adalah dengan melaksanakan pembentukan Sekolah Lansia Ininnawa yang proses pelaksanaan pembelajarannya berpusat di Kantor PKK Jalan Mesjid Raya No. 70 A Makassar.

“Sekolah Lansia Ininnawa ini adalah merupakan sekolah Lansia pertama yang dibina oleh TP-PKK Provinsi Sulsel,” imbuhnya.