“Saya juga berharap para insan media dan para Pejabat Fungsional Humas untuk terus berkarya, bekerja secara profesional dengan tetap mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dalam menyampaikan informasi publik, agar masyarakat Sulawesi Selatan mendapatkan informasi yang bermanfaat dan berkualitas serta jauh dari nuansa hoax. Sehingga masyarakat semakin percaya kepada media, begitupun informasi pemerintah akan mudah tersampaikan keseluruh pelosok. Pejabat Funsional Pranata Humas diharapkan memahami dengan baik peran dan fungsinya, berkolaborasi baik dengan media untuk mengolah informasi tentang isu-isu yang berkembang ditengah masyarakat agar tetap terkendali dengan baik sehingga tidak menimbulkan kesalafahaman antara pemerintah dan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI, Usman Kansong dalam talking pointnya menjelaskan bahwa untuk memastikan relasi media berjalan dengan baik dan mencapai tujuan, komunikator pemerintah perlu memiliki kemampuan aktivitas relasi media agar dapat menyampaikan informasi kepada publik secara cepat, tepat, dan akurat.

“Sejalan dengan dinamika komunikasi publik saat ini, salah satu komunikator pemerintah yang vital ialah Pejabat Fungsional Pranata Humas. Pranata Humas dapat berperan aktif dalam proses komunikasi publik. Pranata Humas harus bisa melakukan mitigasi resiko, menganalisis kebutuhan komunikasi, dan menjalin relasi yang baik dengan media,” jelas Usman.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa saat ini mekanisme penilaian kinerja setiap ASN, khsususnya Jabatan Fungsional dilaksanakan secara komprehensif yang tertuang dalam Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), penilaian DUPAK menjadi tidak relevan lagi karena penilaian SKP telah mencakup penilaian kinerja dan perilaku pegawai.

“Dengan mekanisme penilaian melalui evaluasi kinerja ini, saya harap rekan-rekan Pranata Humas tidak menjadi kendor dalam berkinerja. Sebaliknya, waktu yang ada bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk melaksanakan pekerjaan dan tugas-tugas kesehariannya,” ungkapnya.