RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Pemprov Sulsel menggelar pertemuan Rapat Monitoring dan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) lingkup Pemprov Sulsel, pada Selasa (30/5/2023).

Baca Juga : Jalin Sinergitas, Diskominfo SP-Sulsel Sambangi Diskominfo-SP Bantaeng

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo-SP Sulsel, Irvan menyebut rapat ini untuk meningkatkan indeks kematangan SPBE di Pemprov Sulsel.

“Monev ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan peran perangkat daerah terkait dalam pemenuhan evidence (bukti) pada penilaian mandiri SPBE,” katanya.

Untuk memudahkan pengumpulan bukti penilaian mandiri SPBE, bidang Aptika membangun aplikasi SIPAMMASE. Aplikasi ini turut disosialisasikan dalam rapat monev.

“Aplikasi ini adalah aplikasi pemenuhan indikator penilaian SPBE. Nanti fungsinya memfasilitasi OPD untuk berkontribusi langsung terhadap SPBE dengan menjawab indikator penilaian,” jelasnya.

Asisten III Bidang Administrasi Provinsi Sulsel, Tautoto Tana Ranggina yang membuka rapat meminta peran aktif setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melakukan penilaian mandiri SPBE.

Hal yang sama ditekankan Kepala Diskominfo-SP Sulsel, Andi Winarno Eka Putra yang menyebut peningkatan indeks kematangan SPBE Pemprov Sulsel bisa dicapai jika ada kolaborasi bersama.

“Kalau kita berkolaborasi, Insya Allah peningkatan indeks kematangan bisa dicapai. Tahun 2022 lalu kita sudah di angka dari 2,35, itu sudah berada di atas rata-rata nasional capaian indeks kematangan SPBE,” tutupnya. 

Baca Juga : PKB Sulsel Optimis Duet Prabowo-Cak Imin Dulang Kemenangan di Pemilu 2024