SULSEL – Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan bersama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DisTPH Bun) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan kegiatan pengambilan sampel Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit yang terdapat pada 4 Kabupaten Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (25/7/2022).

Tim PPKS dan Dinas TPH Bun Prov. Sulsel yang turun langsung menuju ke Kebun Plasma Mandiri dan langsung melakukan pengambilan sampel TBS Kelapa Sawit di kebun Kelapa Sawit milik warga petani sawit yang dimulai dari Kabupaten Pinrang, Kabupaten Wajo, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur.

Pada kegiatan ini juga hadir para Kepala Dinas yang membidangi komoditi Perkebunan seperti Kepala Dinas TPH dan Perkebunan Kab. Wajo Ir. Muhammad Ashar yang terjun langsung memantau proses pengambilan sampel TBS Sawit di Kabupaten Wajo.

Sub Koordinator Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Perkebunan Dinas TPH Bun Prov. Sulsel Muhammad Iqbal Syam, SE., M.Si. yang turut serta mendampingi tim PPKS mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan dalam rangka pengambilan TBS Kelapa Sawit yang kemudian nantinya akan diuji rendemennya di PPKS Medan.” Di Provinsi Sulawesi Selatan sendiri hanya ada 4 Kabupaten yang memiliki kebun sawit” pungkas Iqbal Syam.

Selanjutnyan Iqbal Syam mengatakan bahwa untuk Kabupaten Luwu Utara, Tim PPKS melakukan pengambilan sampel di beberapa Kecamatan seperti Desa Karondang dan Desa Patila yang terdapat di Kecamatan Tanalili, Desa Baku – Baku di Kecamatan Malangke, Desa Cendana Putih di Kecamatan Mappadeceng dan di Desa Baebunta Kecamatan Baebunta.

“Jadi ada beberapa titik yang kita ambil sampel TBS nya, dengan tujuan untuk mengetahui berapa kandungan atau rendemen CPO TBS Sawit dari Sulawesi Selatan” jelas Iqbal Syam.