MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melaksanakan apel siaga dalam rangka untuk persiapan pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Makassar, Rabu, 15 Juni 2022 besok.

Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar menjelaskan bahwa Sebanyak 393 jemaah haji Kloter pertama Insya Allah akan Masuk Asrama Haji Sudiang Makassar Lusa (16/6/2022) yang terdiri dari Jemaah haji asal Kota Makassar 209 orang, Kota Parepare 61 Orang, Soppeng 119 Orang, ditambah 4 orang Petugas Haji Kloter (TPHI, TPIHI, Dokter dan Perawat) tetap dengan menerapkan protokol Kesehatan. Mereka harus melalui proses pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga : Bebas Narkotika, Program Sulsel Besinar Gencarkan Mou Bersama BNN dan Kemenag

Khaeroni mengatakan bahwa Situasi Asrama Haji Sudiang Makassar sudah dalam posisi Siap menyambut, menerima dan memberangkatkan jemaah haji dalam kondisi sehat dan terbebas dari paparan Covid-19.

“Saya yakin jemaah yang akan masuk asrama haji dalam kondisi sehat dan terbebas dari Covid-19. dan kami lebih baik tegaskan disini lebih awal demi melindungi semua jemaah haji,” tegas Kakanwil (Selasa, 14 Juni 2022).

Dengan slogan ‘Mabrur, Sehat, Barokah’, Khaeroni mengajak para jemaah haji untuk beribadah dengan senang dan riang, tidak usah pikir macam macam, fokus saja dengan niat awal kita untuk melaksanakan Ibadah Rukun Islam Kelima, Imbau Khaeroni

Kakanwil lalu menjelaskan kesiapan para petugas haji untuk melayani Jemaah. Mereka sudah didukung database digital urutan keberangkatan dan informasi lain terkait pergerakan jemaah. Kloter pertama dan kloter-kloter berikutnya sudah selesai, termasuk validasi dokumen.

“Proses digitalisasi dokomen saat ini dilakukan guna membantu proses visa dan paspor selesai lebih cepat, sehingga ada akselarasi pelayanan,” ungkap Khaeroni