SULSEL – Musyawarah Daerah (Musda) yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel dan dirangkaikan dengan pagelaran Sulsel Craft 2022 telah berlangsung sejak 5 Juni 2022 lalu, di Hotel Four Point by Sheraton Makassar. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, hadir membuka event tersebut.

Baca Juga : Jadi Narasumber, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Imbau Pelaku UMKM Daftarkan KI

 

Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina, mengatakan, Musda yang dirangkaikan dengan Sulsel Craft 2022 bertujuan untuk membangkitkan IKM pasca pandemi Covid 19. Dekranasda sebagai mitra pemerintah, tentu harus bisa menjadi wadah untuk pembinaan pelaku IKM, khususnya sektor kerajinan.

“Kita harus bersama-sama mendorong semangat berkreasi para pengrajin. Sumber daya alam kita sangat banyak, tinggal kita siapkan sumber daya manusia agar bisa mengelola dengan baik,” ujarnya.

Bersama pemerintah daerah, dirinya berharap Dekranasda bisa secara massif melakukan pendampingan terhadap IKM. Mulai dari pembinaan, pemasaran, dan pemberian bantuan modal. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menandatangani MoU dengan Dekranasda, diharapkan bisa terjun ke kabupaten kota.

“Dekranasda tidak memiliki anggaran sendiri. Karena itu, mohon perhatian OPD yang telah bersinergi dengan Dekranasda, agar melakukan pembinaan, apa saja yang harus dilakukan,” terangnya.

Menurutnya, daya saing IKM harus menjadi perhatian bersama. Karena itu, ada beberapa poin yang harus dilaksanakan tahun ini. Antara lain, pelatihan untuk menumbuhkan wirausaha baru, meningkatkan keterampilan para pengrajin, memperbanyak event pameran sebagai ajang pemasaran produk, pemasaran secara online, hingga kemitraan dengan sejumlah pihak terkait.

“Kerjasama atau kemitraan harus digalakkan. Melalui pendampingan, masalah-masalah yang dihadapi IKM bisa dideteksi, untuk dicarikan solusinya,” imbuhnya.

Lanjutnya, Naoemi berharap Musda Dekranasda dapat menghasilkan program nyata yang dapat direalisasikan tahun ini, sekaligus menyusun program-program untuk tahun 2023 mendatang. Termasuk, menggalakkan program Dekranasda Peduli.