MAKASSAR – Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Andi Lukman Irwan menilai, koalisi Partai Golkar, PAN dan PPP dinilai punya peluang menang besar baik di Pemilihan Presiden (Pilpres), dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) semua tingkatan.

Baca Juga: Golkar, PPP dan PAN Kompak Jalan Amanah Koalisi DPP di Sulsel 

Apalagi, untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pilkada kabupaten kota se-Sulsel, tiga Partai Politik (Parpol) ini memiliki tokoh-tokoh yang akan menjadi juru kunci kemenangan pada perta politik 2024 mendatang.

“Saya kira kalau dari sisi idelogi partai inikan di antara Golkar, PPP, PAN ini sama-sama kemudian kelompok partai nasionalis, walaupun kemudian basis konstituennya adalah agama, tapi kalau kita lihat platform partai ini kelihatan berada pada satu frame ideologi yang sama kelompok nasionalis,” jelas Andi Lukman saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu malam, 15 Mei 2022.

Menurut dia, kolaborasi ketiga parpol tersebut memiliki peluang menjadi pemenang besar baik di Pilpres maupun Pilkada. Khusus di Sulsel lanjut dia, koalisi ini dianggap yang paling kuat dari koalisi lainnya.

“Kalau tiga partai ini membangun koalisi misalnya untuk kontes Sulawesi Selatan, ini menjadi satu kekuatan yang sangat kuat, menjadi satu gerbong yang memiliki potensi untuk mampu memenangkan kontestasi,” beber Andi Lukman.

Ditambah lagi dengan jejaring yang sangat kuat dari Golkar sampai ditingkat paling bawah, lebih-lebih pemilih-pemilih tradisional yang sangat loyal dengan partai berlambang pohon beringin rindang itu. Belum lagi bagaimana kekuatan dari PPP dan PAN yang masing-masing memiliki pemilih fanatik.

“Saya kira ini menjadi keuntungan mesin politik yang sangat kuat secara elektoral. Dengan dukungan PPP dan PAN, saya kira dari sisih pemilih pun sudah pada kelompok pemilih tradisional, kemudian infrastruktur partai yang sudah sangat kuat sampai ditingkat jejaring bawah,” urainya.