ENREKANG – Jalan Provinsi Poros Enrekang-Pinrang yang rusak parah akan diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2022.

Baca Juga : Andi Sudirman Tinjau Pengerjaan Ruas Jalan Pekkae-Takkalala

Tepatnya pada ruas Paleteang – Malaga – Kabere di Kabupaten Enrekang. Tahun ini, Dinas PUTR Sulsel menganggarkan Rp 18,2 Miliar untuk rekonstruksi jalan sepanjang 2,3 km itu.

Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas mengatakan, jalan yang menghubungkan Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Pinrang menjadi prioritas Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman untuk dikerjakan tahun ini.

“Ini menjadi salah satu prioritas bapak Gubernur, karena termasuk LHR tinggi dengan kondisi rusak parah. Tahun ini penanganan difokuskan untuk menuntaskan rusak parah sekitar 2,3 km,” jelasnya, Senin (9/5/2022).

Selain penanganan jalan, kata dia, tahun ini juga dilakukan pembangunan Jembatan Kabere pada ruas Paleteang – Malaga – Kabere. Jumlah yang dialokasikan sekitar Rp 4,4 Miliar.

Penanganan tahun ini, termasuk untuk jalan yang sempit dan tanjakan yang ekstrim.

“Dengan pengerjaan jalan ini, akan menuntaskan jalan rusak berat,” pungkasnya.

Adapun pengerjaan jalan ini, akan dikakukan perbaikan trase jalan yang sempit dan menanjak. Karena membahayakan pengendaran yang melintas.

“Untuk rekonstruksi jalan, sementara tahapan lelang. Sementara untuk jembatan baru selesai DED, dan akan memasuki tahapan lelang,” terangnya.

Astina mengakui, pengelolaan jalan Provinsi merupakan salah satu komitmen Gubernur Sulsel untuk mempermudah akses mobilitas masyarakat.

Baca Juga : Cegah Alih Fungsi Lahan Pertanian, Pemda Enrekang Harmonisasi Ranperda Perlindungan Pangan ke Kanwil Sulsel