MAKASSAR — Masyarakat begitu antusias dengan hadirnya layanan program mudik gratis yang dilaksanakan Pemprov Sulsel. Dihari kedua, tepatnya tanggal 29 April 2022, ratusan masyarakat yang melakukan mudik gratis ini, totalnya sekitar 700 pemudik diberangkatkan.

“Mahasiswa dan masyarakat umum begitu antusias mengikuti pelaksanaan mudik gratis. Dihari kedua ini, sekitar 700an pemudik yang diberangkatkan,” kata Plh Kadis Perhubungan Sulsel, Aruddini, Jum’at (29/4/2022).

Adapun titik kumpul di Terminal Cappa Bungaya untuk pemudik menuju ke arah selatan dan di Kantor Dinas Perhubungan Sulsel untuk pemudik ke wilayah utara.

Dalam mudik gratis ini, inovasi yang digagas oleh Gubernur Andi Sudirman ini, Dishub Sulsel menyiapkan 20 kendaraan terdiri dari 16 unit bus dan 4 unit truk. Dimana truk ini akan mengangkut kendaraan motor bagi pemudik yang ingin membawa kendaraannya.

“Sesuai harapan bapak Gubernur, melalui mudik gratis ini, dapat membantu masyarakat untuk dapat merayakan lebaran idul Fitri bersama sanak keluarga di kampung halaman masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan, untuk menciptakan suasana Hari Raya yang aman, nyaman, dan lancar.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Lepas Pelaksanaan Mudik Gratis

Hadirnya layanan mudik gratis oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendapat sambutan hangat oleh kalangan mahasiswa. Mereka menganggap, inovasi ini sangat membantu.

Salah satunya, Presiden BEM Universitas Hasanuddin bernama Imam. Ia mengakui, bahwa ini merupakan inovasi yang sangat bermanfaat yang menyasar bagi masyarakat umum.

“Kami memandang ini salah satu inovasi dan bisa jadi percontohan, karena baru ada pertama kali Pemerintah Provinsi yang memfasilitasi teman-teman mahasiswa dan masyarakat umum untuk mudik secara gratis dan difasilitasi secara logistik. Jadi menurut saya, ini jadi inovasi percontohan dan kedepannya harapannya kegiatan seperti ini mampu menjaring mahasiswa maupun organisasi,” ungkapnya.